Social Icons

Kamis, 27 Desember 2012

Honorer K2 Terancam Batal Uji Publik, Syaratnya Harus Lulus Tes CPNS



Kabar mengejutkan bagi honorer K2, semula kita berharap BKN akan melakukan uji publik sebagaimana honorer K1. Lagi-lagi honorer K2 harus menelan pil kecewa lantaran terganjal oleh kebijakan baru dari pemerintah yang mengharuskan honorer K2 lulus tes CPNS terlebih dahulu. Uji publik hanya berlaku bagi honorer K2 yang telah dinyatakan lulus ujian nantinya, sekaligus dipakai acuan oleh pemerintah dalam mengangkat honorer menjadi PNS! berikut ini penjelasannya….



Tes CPNS Honorer K2

JAKARTA- Pemerintah menyatakan siap melaksanakan seleksi CPNS 2013 untuk honorer kategori dua K2 akan berebut mendapatkan kursi CPNS. Meski belum mendapatkan jumlah kuota CPNS dari honorer K1, namun menurut kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Eko Sutrisno, kemungkinan banyak yang teranulir. Hal ini berkaca dari pengalaman pengangkatan honorer K1  yang awalnya 520 ribu lebih, menyusut menjadi 49.714 orang (honorer K1 yang clear). “Pasti berkurang banyak dan nanti akan ketahuan usai tes, ujarnya saat dihubungi PB DKHI di kantornya (23-12-2012).

Hal ini berbeda dengan honorer K1 yang sudah dilakukan verivikasi dan validasi (verval) sebelum uji publik. Sedangkan untuk K2 terlebih dahulu dilakukan tes sesama honorer. Kemudian hasil verval selanjutnya akan dipublikasikan untuk mendapatkan masukan dari masyarakat luas. Yang menjadi pertanyaan mengapa kita K2 harus tes terlebih dahulu baru kemudian verval ? Eko menjawab bahwa negara mempunyai kendala keterbatasan anggaran biaya. “Terlebihlagi data honorer K2 sangat banyak jumlahnya.  Hal demikian kalau masih dipaksakan harus di verval kemudian di tes akan memakan anggaran yang sangat besar dan waktu yang lama” tegasnya.

Mengenai kuota honorer K2, Eko menambahkan pemerintah belum menetapkan jumlahnya. Nanti setelah tahapan proses pengangkatan honorer K2 selesai baru kemudian ditetapkan kuotanya. Itupun tidak serempak diangkat 2013 tapi bertahap sampai tahun 2014. “Jumlah formasi honorer K2 nanti ketahuan setelah selesai tahapan seleksinya. Kalau sekarang belum bisa ditentukan. Prinsipnya , berapapun jumlah yang lolos tes, verval dan uji publik itu yang kita angkat, pungkasnya. (pbdkhi/ekomardiono)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text